Tulisan Ilmiah Populer (Menulis Laporan Ilmiah Secara Naratif)

Berikut ini adalah catatan saya saat mengikuti kegiatan pertemuan penyusunan ‘Buku Data Bencana Tahun 2013’ pada tanggal 21 April 2014 kemarin. Catatan ini berdasarkan paparan dari Ahmad Arif, beliau adalah jurnalis Kompas yang diundang oleh Pusdatinmas, BNPB, untuk memberikan pemahaman mengenai tulisan ilmiah populer. Silakan disimak poin-poin berikut, semoga bermanfaat.

  1. Suatu karya tulis hendaknya disajikan dalam bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti
  2. Tulisan populer ditujukan untuk semua kalangan, kaya data, dan enak dibaca
  3. Harus ada aspek manusia dalam sebuah tulisan populer
  4. Struktur tulisan populer: mulai dari informasi terkuat/terpenting → sembunyikan bagian terlemah → buat ending yang terkuat (akurat berdasarkan fakta-fakta)
  5. Tips dalam menulis populer: gunakan kalimat sederhana, hindari istilah asing, jargon dan pakailah singkatan yang umum digunakan, buat analogi, don’t tell but show.
  6. Tulisan populer harus mengandung nilai-nilai aktual: hubungannya dengan masyarakat, peristiwa terbaru, konteks dengan masalah yang menjadi tren. Tujuannya adalah tulisan Anda layak untuk dibaca sekarang juga dan bukan besok-besok.
  7. Kalimat sederhana ditandai dengan penggunaan Subyek-Predikat-Obyek, hindari menggunakan anak kalimat, sebuah kalimat idealnya maksimal terdiri dari 13 kata, satu paragraf maksimal 3 kalimat atau 5 baris dalam format MS Word.
  8. Penyajian tulisan populer dapat mengikuti saran sebagai berikut: judul yang memikat, lead yang berbicara (kata, kalimat, paragraf pertama jangan bertele-tele), kalimat yang mengalir (jangan biarkan pembaca kehilangan semangat untuk melanjutkan membaca), ending yang berkesan.
  9. Layout sebuah buku sangat menentukan
  10. Saat ini tuntutannya adalah penyajian yang interaktif
  11. Tim ekspedisi cincin api terdiri dari:
  • 1-2 orang penulis
  • 1-2 orang fotografer/videografer
  • 1-2 orang layouter
  • Catatannya: harus ada satu orang yang menangani keseluruhan buku dari awal sampai akhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *