Peringatan Dini Tsunami Chile Berakhir

cabut_peringatan_dini_tsunami“Berdasaran analisis data monitoring alat observasi tinggi muka laut, maka Peringatan dini Tsunami dinyatakan telah berakhir untuk seluruh wilayah Indonesia.” Demikian bunyi pengumuman yang dikeluarkan oleh BMKG pada 03 April 2014 pukul 08.30 WIB.

Dengan dicabutnya Peringatan Dini Tsunami tersebut, maka masyarakat dapat kembali beraktivitas seperti sediakala.

Building Code dan Kesiapsiagaan Warga Chile

Building Code dan kesiapsiagaan dari jutaan warga Chile yang tinggal di sepanjang jalur gunung api dan patahan menyebabkan korban meninggal pasca gempa 8,2 SR berjumlah 6 orang.

Pihak yang berwenang di Chile mengatakan bahwa, empat orang yang meninggal disebabkan karena gempa yang memicu longsor, listrik padam, dan tsunami tersebut mengalami serangan jantung. Sementara itu, dua orang lainnya meninggal karena tertimbun.

John Bellini, seorang ahli geofisik dari USGS mengatakan kepada CNN, “Mereka tinggal di wilayah yang sangat aktif di dunia dan sangat bagus menerapkan building codes yang serupa dengan California. Oleh karena itu, Anda akan saksikan, bahwa di sana kerusakannya lebih sedikit daripada di tempat lain dengan penerapan building code yang kurang baik. Hal ini barangkali salah satu alasan yang menyebabkan dampak korban tak banyak untuk ukuran gempa 8,2 SR.”

Sekitar 928.000 warga dievakuasi dan lebih dari 2.500 rumah yang mengalami kerusakan struktur di wilayah sekitar utara Kota Pelabuhan Iquique. Walikota, Ramon Galleguillos, menyatakan bahwa kebanyakan bangunan yang rusak disebabkan karena kualitas bangunannya jelek dan dari subsidi pemerintah.

Chile adalah salah satu negara yang rawan gempa bumi. Negara ini terletak pada jalur ‘Ring of Fire’, wilayahnya kerap dilanda gempa dan letusan gunungapi. Sejak 1973, Chile mengalami lebih dari 10 kali gempa dengan kekuatan di atas 7,0 SR.

Sumber: CNN (http://edition.cnn.com/2014/04/02/world/americas/chile-earthquake/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *