Peran Drone dalam Penanggulangan Bencana Nepal

Unmanned Aerial Vehicle (UAV) atau Pesawat Nir Awak atau Drone terbukti sebagai peralatan berteknologi tinggi yang membantu para pekerja kemanusiaan pasca gempa di Nepal.

Para ahli dari Etobicoke, GlobalMedic berbasis di Ontario, Canada yang mengelola Drone untuk misi kemanusiaan telah berada di Nepal. “Tim UAV kami bertugas untuk membuat peta udara pada daerah yang terdampak, kemudian mengumpulkan, dan menggabungkan berbagai gambar ke dalam satu peta yang dapat menampilkan gambaran kebutuhan di lapangan.” Demikian tulis juru bicara GlobalMedic kepada FoxNews.com. “Identifikasi daerah terkena banjir, jalan yang rusak, pergerakan manusia, infrastruktur roboh, dan berbagai pemanfaatan lain dari drone pada situasi darurat yang sangat beragam.”

Organisasi bantuan menggunakan tiga UAV tercanggih, yaitu SkyRanger dan Scout, yang dikembangkan oleh Aeryon Labs. Ketiganya dikontrol menggunakan layar sentuh, dilengkapi dengan kamera thermal sehingga dapat mengenali korban yang terjebak atau terluka.

Drone yang digunakan dapat merekam dan mengirimkan informasi dalam waktu yang bersamaan (real time) dan sangat menolong untuk penentuan prioritas pengiriman bantuan dan mengenali isu aksesibilitas. “Peta ini sangat bermanfaat untuk penilaian kebutuhan korban terdampak. Semua informasi dan hasil pemotretan akan dibagi dengan lembaga PBB, pemerintah Nepal, dan semua organisasi yang bekerja membantu Nepal. Tujuannya adalah untuk menyebarluaskan informasi tak ternilai ini sehingga jaringan pekerja kemanusiaan dapat berkoordinasi secara efektif, mengurangi kesenjangan dan tumpang tindih bantuan, sehingga pada akhirnya dapat menyelamatkan lebih banyak nyawa.” Demikian disampaikan juru bicara dari GlobalMedic.

Pada penanggulangan bencana Topan Hagupit di Filipina tahun lalu Organisasi dari Canada tersebut juga telah menggunakan drone. Direktur GlobalMedic, Rahul Singh mengatakan bahwa informasi sangatlah penting dalam setiap upaya tanggap darurat. Gambar yang diperoleh dari UAV ini menjadi satu informasi yang dapat mendukung terkirimnya bantuan kepada korban secara lebih efektif.

Sumber tulisan: http://www.foxnews.com/tech/2015/04/30/how-drones-are-helping-nepal-earthquake-relief-effort/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *