Pentingnya dan Kesulitan Koordinasi dalam PB

Koordinasi adalah ajakan kepada semua pemangku kepentingan agar bersedia duduk bersama untuk memahami situasi (bencana) yang terjadi untuk kemudian merencanakan kegiatan tanggap darurat, terutama dalam berbagi peran untuk meringankan beban penderitaan, memperkecil korban dan kerugian, serta memulihkan situasi agar dapat pulih kembali.

Dalam situasi normal, koordinasi sering sulit dilakukan dengan beragam alasan, antara lain karena situasi setempat dan ragam kepentingan para pihak yang tidak selalu seiring dan sulit dicapai kesepakatan, para personil yang hadir adalah staf instansi/lembaga yang tidak mempunyai kewenangan dan kompetensi memadai sehingga tidak dapat diajak mengambil keputusan.

Selain itu, biasanya juga terdapat ketidakjelasan siapa yang seharusnya take a lead untuk melakukan koordinasi, mengambil keputusan dan tindakan lain yang diperlukan dalam situasi darurat yang membutuhkan kecepatan, ketepatan, dan ketegasan tindakan demi penyelamatan nyawa orang banyak.

Daftar Pustaka

Maarif, Syamsul 2012, Merapi Menyapa Kehidupan Hidup Harmonis di Lereng Merapi. Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *