Penentuan Radius Bencana Gunung Api

Berapa kilometer jarak aman dari pusat letusan Merapi?

Tidak mudah menentukan radius aman karena di dalamnya beradu antara penghidupan warga dan perhitungan ilmiah. Namun, kepentingan utama dari institusi penanggulangan bencana adalah keselamatan bersama.

Sebagai contoh, pada saat radius aman Merapi ditetapkan 20 km tidak banyak warga yang tahu sejauh apa persisnya radius tersebut. Perkiraan mengenai tempat-tempat mana yang menjadi batas radius tersebut lantas menyebar di jejaring sosial.

Sesuai dengan sifat letusan Merapi yang tak dapat diperkirakan, maka tak ada hitungan pasti jarak amannya. Hal ini disebabkan karena kendati sudah diketahui siklus lima tahunan, namun tidak ada yang mengetahui skala letusannya. Skala letusan tersebut berkaitan dengan radius aman.

Oleh sebab itu, manakala satu gunung masih menunjukkan aktivitas yang tinggi, maka tidak ada jarak aman yang permanen. Hal yang bisa dilakukan adalah dengan menjauhkan masyarakat dari zona berbahaya.

Arti penting yang lain dari penentuan radius bencana adalah untuk menciptakan rasa aman para pengungsi yang tinggal di hunian-hunian sementara. Penentuan batas aman tersebut juga menjadi rujukan bersama bagi pihak mana pun yang bermaksud membangun huntara.

Daftar Pustaka

Maarif, Syamsul 2012, Merapi Menyapa Kehidupan Hidup Harmonis di Lereng Merapi. Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *