Greenpeace: Empat Cara Menghentikan Kebakaran Hutan 

Screen Shot 2015-11-01 at 10.57.27 pm
Credit Picture: http://www.treehugger.com/slideshows/culture/life-amid-indonesian-fires-photos/page/2/#slide-top

Situs Greenpeace menerbitkan empat cara untuk menghentikan kebakaran hutan di Indonesia. Cara-cara tersebut adalah:

1. Menghentikan perubahan fungsi hutan

Menurut Greenpeace, cara ini adalah yang paling mudah sekaligus juga paling efektif. Semua perusahaan perkebunan harus segera menghentikan upaya pembersihan hutan dan pengembangan lain lahan gambut. Mereka harus diawasi dan diaudit untuk berbagai potensi bahaya serta aktivitas ilegal yang mungkin dilakukan.

2. Perbaikan dan regenerasi lahan gambut

Membanjiri kembali, perbaikan, dan pembangunan sekat kanal di lahan gambut terbukti mampu mencegah dan mengurangi risiko kebakaran di wilayah tersebut.

3. Pembuktian lokasi hotspot pada peta

Penelitian dari Greenpeace menunjukkan hampir 40% hotspot berada di dalam wilayah konsesi. Tanah yang diserahgunakan oleh pemerintah Indonesia kepada perusahaan untuk dimanfaatkan kayunya dan perkebunan.

Banyak hotspot yang teridikasi di dalam wilayah konsesi, namun analisis mutakhir sulit dilakukan karena tidak adanya data konsesi terbaru.

4. Bekerja sama padamkan api

Selain dihentikannya penggundulan hutan, Greenpeace juga menyeru kepada perusahaan perkebunan sawit dan kertas untuk bekerja sama dan mendorong dihentikannya pembersihan hutan serta pemanfaatan lahan gambut. Menurut Greenpeace, jika satu perusahaan dapat menghapuskan hutan, maka sudah barang tentu mereka memiliki kemampuan untuk menyelamatkannya.

Tulisan ini diadaptasi dari situs Greenpeace

 

1 thought on “Greenpeace: Empat Cara Menghentikan Kebakaran Hutan ”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *